Jumat, 27 Januari 2012

Beberapa Keuntungan Menggunakan Pemrograman Berorientasi Objek

1. Real world programming
Dunia ini disusun atas obyek obyek yang saling berinteraksi. Sebuah program yang memodelkan dunia nyata, sebisa mungkin menggambarkan kondisi yang ada dalam bentuk yang seakurat mungkin. Dalam Pemrograman berorientasi obyek, sebuah program disusun oleh obyek-obyek yang masing-masing memiliki fungsi sesuai dengan peran dan kebutuhan interaksinya.

2. Reusability of code
Kelas yang telah dibuat dalam pemrograman berorientasi obyek bisa digunakan oleh program lain. Penggunaan komponen yang telah dibuat tidak hanya mengurangi usaha pembuatan komponen tersebut, tetapi juga mengurangi kemungkinan kesalahan jika harus mengembangkan lagi dari awal. Keuntungannya adalah penghematan dari segi waktu, dan usaha yang akhirnya akan membawa kepada penghematan biaya pengembangan.

3. Resilience to change
Dunia nyata adalah sesuatu yang dinamis, perubahan akan selalu terjadi didalamnya. Program atau aplikasi yang memodelkan dunia  nyata, diharapkan juga bisa bersifat dinamis pula.
Sebuah aplikasi harus bisa menangani jika terdapat penambahan jenis mahasiswa baru yang kedepannya bakal ada. Tanpa harus mengubah keseluruhan aplikasi, maka kebutuhan tersebut harus bisa ditangani.

4. Information hiding
Informasi dalam sebuah obyek sedapat mungkin disembunyikan dari luar kelas yang ada. Tujuannya adalah mengamankan data agar hanya fungsi yang ada dalam kelas itu saja yang bisa membaca, mengubah dan memanipulasi data tersebut. Tetapi tetap disediakan sebuah cara (interface) agar obyek dari luar bisa mengakses dan mengubah data secara tidak langsung.  Konsep penyembunyian informasi ini bertujuan agar pihak luar yang membutuhkan layanan dari kelas tersebut hanya perlu untuk menerima data yang dibutuhkan saja, tanpa perlu mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja di dalam kelas tersebut.

5. Modularity of code
Salah satu keuntungan dari pemrograman berorientasi obyek adalah modularitas, yang berarti bahwa setiap obyek yang dibentuk dikelola secara terpisah dari obyek lainnya meskipun berasal dari sebuah kelas yang sama. Modifikasi terhadap sebuah obyek bisa dilakukan tanpa mempengaruhi fungsionalitas dari obyek yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar